Total Pageviews

Tuesday, 9 October 2012

Makalah Gastritis



BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang
Makan merupakan salah satu kebutuhan pokok manusia yang wajib di penuhi seorang manusia untuk bertahan hidup. Keadaan ini dibuktikan denganadanya sistem pencernaan atau traktus gastrointestinal yang merupakan salah satusistem yang mendukung tubuh manusia. Sistem pencernaan atau gastrointestinalterdiri dari beberapa organ, yaitu mulut, esofagus, gaster, colon dan anus.Sistem pencernaan akan terganggu apabila salah satu atau beberapa organ pencernaan terjadi inflamasi, kerusakan, maupun ketidaknormalan. Salah satugangguan pencernaan yang paling sering dijumpai dan diderita masyarakat adalahgastritis atau di masyarakat umum sering disebut dengan penyakit maag ataudalam istilah kesehatan dikenal dengan gastritis.
Gastritis merupakan penyakit yang sering kita jumpai dalam masyarakatmaupun dalam bangsa penyakit dalam. Kurang tahunya dan cara penanganan yangtepat merupakan salah satu penyebabnya. Gastritis adalah proses inflamasi padalapisan mukosa dan sub mukosa pada lambung. Pada orang awam seringmenyebutnya dengan penyakit maag. Gastritis merupakan salah satu yang paling banyak dijumpai klinik penyakit dalam pada umumnya. Masyarakat seringmenganggap remeh panyakit gastritis, padahal ini akan semakin besar dan parahmaka inflamasi pada lapisan mukosa akan tampak sembab, merah, dan mudah berdarah.
Penyakit gastritis sering terjadi pada remaja, orang-orang yang stres,karena stres dapat meningkatkan produksi asam lambung, pengkonsumsi alkoholdan obat-obatan anti inflamasi non steroid. Gejala yang timbul pada penyakitgastritis adalah rasa tidak enak pada perut, perut kembung, sakit kepala, mual,lidah berlapis. Penyakit gastritis sangat menganggu aktifitas sehari -hari, karena penderita akan merasa nyeri dan rasa sakit tidak enak pada perut. Selain dapatmenyebabkan rasa tidak enak, juga menyebabkan peredaran saluran cerna atas,ulkus, anemia kerena gangguan absorbsi vitamin B12. Ada berbagai cara untuk mengatasi agar tidak terkena penyakit gastritis dan untuk menyembuhkan gastritis agar tidak menjadi parah yaitu dengan banyak minumkurang lebih 8 gelas/hari,istirahat cukup, kurangi kegiatan fisik, hindari makanan pedas dan panas danhindari stres.



B.     Rumusan Masalah
Rumusan masalah yang diangkat di dalam makalah ini adalah sebagai berikut:
1.      Bagaimanakah histologi dan fisiologi lambung?
2.      Apa dan bagaimanakah penyakit gastritis itu?
3.      Bagaimanakah pertahanan lapisan mukosa lambung?
4.      Bagaimanakah pembaruan dan pemulihan lapisan mukosa lambung?

C.    Tujuan Penulisan
Tujuan penulisan makalah ini adalah sebagai berikut:
1.      Untuk mengetahui histologi dan fisiologi lambung.
2.      Untuk mengetahui penyakit gastritis itu.
3.      Untuk mengetahui pertahanan lapisan mukosa lambung..
4.      Untuk mengetahui pembaruan dan pemulihan lapisan mukosa lambung.

u untuk lebih lengkap na download DISINI aja
lagi males upload foto2na
jgn lupa coment2 na
hhehehe
matur thankyu