SILABUS
Nama Sekolah : SMA
Mata Pelajaran : Biologi
Kelas / semester : XI / 1
Standar Kompetensi : Siswa mampu menginterprestasikan organisasi seluler serta mengkaitkan stuktur jaringan dan fungsi pada sistem organ tumbuhan, hewan, dan manusia dan penerapannya dalam konteks sains, lingkungan, teknologi, dan masyarakat.
Kompetensi Dasar | Materi pokok | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi waktu | Sumber / alat / bahan |
Mengidentifikasikan struktur dan fungsi jaringan pada tumbuhan. | jaringan pada tumbuhan meliputi : jaringan ( epidermis, kolenkim, sklerenkim, xylem, floem, dan kambium ) | · Mengkaji literatur dari berbagai sumber tentang jaringan pada tumbuhan. · Melakukan pengamatan tentang macam jaringan pada tumbuhan. · Melakukan diskusi kelas dari hasil pengamatan tentang jaringan pada tumbuhan. | · Membedakan berbagai jaringan(epidermis, kolenkim, sklerenkim, parenkim, xylem, floem, dan kambium). · Menunjukkan letak epidermis, korteks dan stele ( silinder pusat). · Mendeskripsikan fungsi masing-masing jaringan tumbuhan. · Menggunakan pengetahuan yang diperoleh tentang jaringan pada situasi baru atau pemecahan masalah seperti pembudidayaan tanaman langka melalui perbanyakan dengan biji, stek, dan cangkok. | · Jenis : - Pengamatan - Tugas individu dan kelompok - Kuis · Teknik : - Tes - Non tes · Bentuk : - Tertulis - Unjuk kerja - Pengamatan sikap | 3 x 45’ | · Sumber buku paket · LKS ( lembar kerja siswa) · Mikroskop · preparat |
No comments:
Post a Comment